Kamis, 17 November 2011

Karang Taruna dirikan 200 koperasi primer


Karang Taruna Jatim

Senin, 31 Oktober 2011 | 22.56 WIB | oleh Ardena Tinamura

Surabaya – DMC:  Gairah kewirausahaan terus menjalar ke kalangan generasi muda. Karang Taruna Jawa Timur, misalnya, menargetkan pada 2012 akan mendirikan sedikitnya 200 unit koperasi primer yang akan disebar ke-38 kabupaten dan kota se-provinsi tersebut.
Ketua Karang Taruna Jatim, Anna Lutfie mengatakan pihaknya kini tengah berupaya kembali meneguhkan peran besarnya sebagai agen pemberdayaan. “Institusi Karang Taruna telah dikenal sebagai pranata sosial yang memiliki peran besar dalam dimensi sosial kemasyarakatan. Kini perannya akan diperluas merambah aspek pemberdayaan ekonomi masyarakat,” kata Anna di Surabaya akhir pekan lalu.
Anna menegaskan upaya pemberdayaan rakyat itu diimplementasikan dengan pendirian sejumlah intitusi ekonomi berbasis kerakyatan. “Institusi ekonomi asli Indonesia yaitu koperasi yang merupakan salah satu soko guru perekonomian nasional. Karang Taruna Jatim akan mendirikan sedikitnya 200 unit koperasi primer,” ujarnya.
Dia mengungkapkan, pendirian 200 unit koperasi primer itu akan disebar ke 38 daerah di Jatim. “Ya jumlahnya 4-5 unit koperasi primer setiap daerah. Koperasi itu diharapkan menjadi wadah kegiatan ekonomi produktif bagi anggota karang taruna. Harapannya tahun depan keberadaan semua koperasi itu bisa terealisasi,” ujarnya.


Secara khusus, Anna berharap peran besar karang taruna ke depan menjadi semakin vital dalam kontek keterlibatan memberdayakan masyarakat, khususnya di pedesaan.
“Karang Taruna kedepan jangan hanya berkutat pada persoalan sosial saja, tapi sektor ekonomi kreatif menjadi aspek yang mesti ditekuni dan akan menjadi komitmen kedepan,” tegasnya.
Anna menerangkan Karang Taruna diharapkan menjadi lebih modern dan bisa menjawab perkembangan jaman kekinian. “Penampilan Karang Taruna harus berubah jangan jadul, mesti mengikuti tren masa kini tanpa mengurangi misi dan visi organisasi tersebut. Kondisi itu diharapkan dapat menggairahkan pemuda untuk berkiprah di karang taruna,” pungkasnya. (kabarbisnis/foto:detik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar