Kamis, 17 November 2011

Karang Taruna Di Jaman Sekarang.............


Sebenarnya ada banyak organisasi kepemudaan di Indonesia, namun kali ini saya akan berbicara tentang organisasi Karang Taruna. Karena yang saya lihat dari perkembangan kenakalan remaja saat ini sudah semakin ‘menggila’. Dan juga nama karang taruna lama-lama semakin di’telan bumi’
Apakah benar karang taruna memang sudah tidak pantas di zaman sekarang ini?Oke, mari kita bahas lebih lanjut apa itu karang taruna. Karang artinya tempat. Taruna artinya remaja atau pemuda. Jadi Karang Taruna artinya tempat kegiatan para remaja. Organisasi ini didirikan dan dibina oleh Departemen Sosial. Karang Taruna terdapat hampir di seluruh Indonesia. Nama Karang Taruna disesuaikan dengan keadaan daerah masing-masing.Anggota Karang Taruna ialah para pemuda, terutama mereka yang putus sekolah dan tidak mempunyai pekerjaan. Di beberapa daerah anggota Karang Taruna adalah para pelajar. Mereka masih duduk di SMP atau SMA. 

Karang Taruna dirikan 200 koperasi primer


Karang Taruna Jatim

Senin, 31 Oktober 2011 | 22.56 WIB | oleh Ardena Tinamura

Surabaya – DMC:  Gairah kewirausahaan terus menjalar ke kalangan generasi muda. Karang Taruna Jawa Timur, misalnya, menargetkan pada 2012 akan mendirikan sedikitnya 200 unit koperasi primer yang akan disebar ke-38 kabupaten dan kota se-provinsi tersebut.
Ketua Karang Taruna Jatim, Anna Lutfie mengatakan pihaknya kini tengah berupaya kembali meneguhkan peran besarnya sebagai agen pemberdayaan. “Institusi Karang Taruna telah dikenal sebagai pranata sosial yang memiliki peran besar dalam dimensi sosial kemasyarakatan. Kini perannya akan diperluas merambah aspek pemberdayaan ekonomi masyarakat,” kata Anna di Surabaya akhir pekan lalu.
Anna menegaskan upaya pemberdayaan rakyat itu diimplementasikan dengan pendirian sejumlah intitusi ekonomi berbasis kerakyatan. “Institusi ekonomi asli Indonesia yaitu koperasi yang merupakan salah satu soko guru perekonomian nasional. Karang Taruna Jatim akan mendirikan sedikitnya 200 unit koperasi primer,” ujarnya.
Dia mengungkapkan, pendirian 200 unit koperasi primer itu akan disebar ke 38 daerah di Jatim. “Ya jumlahnya 4-5 unit koperasi primer setiap daerah. Koperasi itu diharapkan menjadi wadah kegiatan ekonomi produktif bagi anggota karang taruna. Harapannya tahun depan keberadaan semua koperasi itu bisa terealisasi,” ujarnya.

BAGAIMANA DENGAN PERKEMBANGAN CSR DI KECAMATAN MEDAN DELI ?


Corporate Social Responsibility

16 Oktober 2011 


Di Indonesia, istilah CSR semakin populer digunakan sejak tahun 1990-an. Beberapa perusahaan sebenarnya telah lama melakukan CSA (Corporate Social Activity) atau “aktivitas sosial perusahaan”. Walaupun tidak menamainya sebagai CSR, secara faktual aksinya mendekati konsep CSR yang merepresentasikan bentuk “peran serta” dan “kepedulian” perusahaan terhadap aspek sosial dan lingkungan. Melalui konsep investasi sosial perusahaan “seat belt”, sejak tahun 2003 Departemen Sosial tercatat sebagai lembaga pemerintah yang aktif dalam mengembangkan konsep CSR dan melakukan advokasi kepada berbagai perusahaan nasional
CSR kini semakin meroket dan marak diterapkan perusahaan di berbagai belahan dunia. Menguatnya terpaan prinsip good corporate gorvernance telah mendorong CSR semakin menyentuh ”jantung hati” dunia bisnis. Di Indonesia, CSR sekarang dinyatakan lebih tegas lagi dalam UU PT No.40 Tahun 2007 yang telah disahkan DPR. CSR kini semakin meroket dan marak diterapkan perusahaan di berbagai belahan dunia. Menguatnya terpaan prinsip good corporate gorvernance telah mendorong CSR semakin menyentuh ”jantung hati” dunia bisnis. Di Indonesia, CSR sekarang dinyatakan lebih tegas lagi dalam UU PT No.40 Tahun 2007 yang telah disahkan DPR.
Persoalannya, hingga kini masih banyak perusahaan yang hanya sekadar membagi-bagikan mie instant saat bencana alam atau menyumbang uang kepada Karang Taruna untuk perayaan 17 Agustus-an, sudah merasa melakukan CSR. Karenanya, seminar dan diskusi untuk memperkaya pemahaman tentang CSR senantiasa perlu dilaksanakan dengan intensitas yang lebih significant sehingga pemahaman CSR di kalangan masyarakat dan perusahaan menjadi semakin baik Corporate social responsibility (CSR) merupakan suatu elemen yang penting dalam kerangka sustainability, yang mencakup aspek ekonomi, lingkungan dan sosial budaya. Sementara itu definisi Corporate Social Responsibility itu sendiri sangat beragam, dan beberapa diantaranya ada yang diidentikkan dengan beberapa nama yang dianggap memiliki kemiripan (Suharto, 2006)

Minggu, 13 November 2011