Selasa, 13 April 2010

FORUM RELAWAN MASYARAKAT PEDULI LINGKUNGAN

WACANA Tulisan ke-15 dari 58 Rabu, 31 Desember 2008
Peran Serta Masyarakat dalam Program Kebersihan Kota

Salah satu persoalan Layanan Perkotaan yang sangat menonjol adalah pengelolaan kebersihan kota. Meski Pemerintah Kota bekerja ekstra guna memberikan layanan terbaik dalam bidang kebersihan kota ini. Pengelolaan lingkungan hidup sebuah Kota tidak melulu mengandalkan peran Pemerintah Kota semata.

Melainkan dapat juga dilakukan secara sinergi untuk bekerja sama bahu membahu mulai dari tahapan perencanaan sampai dengan pengendalian segenap program yang telah disepakatinya. Sokongannya peran masyarakat terhadap program ketertiban,kebersihan serta keindahan (k-3) akan lebih efektif manakala melibatkan masyarakat tadi.

Ada banyak contoh program yang tidak melibatkan masyarakat dapat dipastikan program itu tidak akan memperoleh hasil yang optimal. Program, kebersihan juga mau tidak mau agar melibatkan khalayak secara luas. Kenapa dikatakan demikian, karena keberhasilan program kebersihan kota lebih menekankan pada proses penyadaran masyarakat terhadap pengelolaan lingkungan hidup. Dari hasil penilaian Dinas Lingkungan Hidup, hampir seluruh Kecamatan menunjukan belum optimalnya peranserta masyarakat terhadap urusan kebersihan kota.

Kedepan pembentukan sebuah forum masyarakat peduli lingkungan merupakan salah satu upaya guna meningkatkan peranserta masyarakat dalam pengelolaan kebersihan lingkungan. Secara ideal Forum Masyarakat Peduli Lingkungan ini dibentuk untuk menyelaraskan antara kepentingan masyarakat terhadap optimalisasi pengelolaan kebersihan lingkungan. Prinsip pembentukan forum itu sepenuhnya atas inisiatif murni atau muncul dari masyarakat.

Kita berharap dengan diefektifkannya jalinan kerja sama yang baik antara masyarakat, pemerintah dan unsur terkait lainnya dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pengelolaan lingkungan hidup di Kota Tangerang. Tidak dapat dipungkiri bahwa betapa rumit serta kompleknya masalah pengelolaan lingkungan hidup khususnya program lingkungan kota. Tanpa adanya kerjasama yang baik, mustahil program ini dapat menuai hasil. Hal ini membutuhkan visi serta komitmen bersama dalam merealisasikan program tersebut.

Pluralitas masyarakat Semoga saja menjadi daya dukung atau potensi unggulan bagi efektivitas pengelolaan lingkungan hidup itu sendiri. Bukan malah sebaliknya, peran serta masyarakat terhadap penyadaran dalam menjaga serta merawat Kota ini sangatlah menentukan. Tentu saja menciptakan sebuah Kota yang tertib, bersih dan indah serta asri agar didukung oleh semua pihak, dan partisipasi luas dari semua anggota masyarakat. Karena tanpa dukungan masyarakat ini mustahil program kebersihan Kota ini dapat direalisasikan.

Semangat kebersamaan harus kita tumbuhkan ditengah kerasnya kehidupan kota yang bersifat individulistik. Penyadaran akan kepedulian pengelolaan kebersihan ini merupakan pesan Rosulullah SAW bahwa ” sesungguhnya kebersihan adalah sebagian dari pada iman” . Kita yakin warga Kota adalah warga yang taat akan keberagamaannya. Kota yang mengusung misi masyarakat yang berakhlaq mulia, tidak terlalu kesulitan untuk mewujudkan urusan yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar