Sabtu, 17 April 2010

Masih Banyak Perusahaan Buang Limbah ke Laut

Masih Banyak Perusahaan Buang Limbah ke Laut Cetak Email
Medan, (Analisa)

Hingga kini masih banyak perusahaan di daerah ini yang membuang limbahnya ke laut. Salah satu perusahaan tersebut, di antara PT MMNA yang bergerak di bidang pengolahan kelapa sawit.

“Kita tahu bahwa perusahaan itu membuang limbahnya ke lau setelah mereka mengurus izin dari Menteri Lingkungan Hidup tentang izin pembuangan limbah cair ke laut sesuai Peraturan Menteri (Permen) No. 12 Tahun 2006,” demikian dikatakan Ir Eddy Utama Kabid Pengendalian dan Pencemaran Lingkungan Hidup Badan Lingkungan Hidup Sumatera Utara (BLHSU)di Medan, Jumat (16/4) menjelaskan hasil pemantauan yang dilakukannya di perusahaan tersebut selama dua hari.

Dikatakan Eddy, ada dua kegiatan di pabrik tersebut, yakni Pabrik Kelapa Sawit (PKS), Pengolahan sawit setengah jadi dari CPO menjadi minyak. “Limbah hasil dari pengolahan tersebut mereka buang ke laut. Namun, pembuangan itu setelah melalui instalasi pengolahan air limbah cair (IPAL),” jelas Eddy sembari menyebutkan bahwa perusahaan tersebut harus memiliki dokumen lingkungan.

Perbaikan

Dokumen mereka, lanjut Eddy sudah dikoreksi. Namun, harus ada perbaikan, pengkajian terhadap limbah yang dibuang dan dampaknya terhadap bentos dan plankton yang ada di laut, lokasi mereka membuang limbah.

Dikatakan Eddy, sejak otonomi daerah persoalan lingkungan, limbah dan sebagainya sudah menjadi tanggungjawab daerah, dalam hal ini Pemkab Asahan yang mengawasi.
“Sebenarnya jika mereka memenuhi baku mutu lingkungan dan sesuai undang-undang lingkungan, mereka boleh membuang limbahnya ke laut,” tegasnya kemudian menyebutkan bahwa perusahaan memang harus tetap menaati Permen No. 12.

Yang dikaji dalam dokumen perusahaan tersebut ada enam parameter yang harus dipenuhi. Tidak melebihi baku mutu lingkungan, yakni, BOD (Biology Oxigen Demand), (Chemical Oxigen Demand), Ph (zat asam), minyak dan lemak, total padatan tersuspensi, total nitrogen (N-total) sesuai Kep 51/MENLH/10/1995.(mc)
http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=51627:masih-banyak-perusahaan-buang-limbah-ke-laut&catid=31:umum&Itemid=143

Tidak ada komentar:

Posting Komentar